Hasil Akhir 16 Besar FIFA World Cup 2010

Babak 16 besar sudah dilaksanakan sejak tanggal 26 Juni sampai dengan 29 Juni 2010. 16 negara yang lolos ke babak ini sudah menampilkan permainan terbaiknya untuk lolos ke babak perempat final. Hasilnya pun sudah diketahui negara-negara mana saja yang lolos ke babak perempat final.

Sebelum saya menampilkan jadwal babak perempat final, baiknya saya sedikit me-review jalannya babak 16 besar kemarin beserta hasilnya.

Terdapat 16 negara yang bertanding dalam babak 16 besar ini, antara lain Uruguay, Korea Selatan, Amerika Serikat, Ghana, Jerman, Inggris, Argentina, Meksiko, Belanda, Slovakia, Brazil, Chilie, Paraguay, Jepang, Spanyol, dan Portugal.

Harapan agar ada wakil dari Asia harus pupus sudah. Karena dua negara dari benua Asia yang lolos – yaitu Korea Selatan dan Jepang – harus menelan kekalahan. Korea Selatan harus mengakui keunggulan Uruguay. Mereka takluk 1-2. Sedangkan Jepang lebih tragis lagi. Mereka kalah 3-5 melawan Paraguay lewat adu pinalti, setelah 90″ waktu normal dan 30″ waktu tambahan tidak ada gol yang tercipta. Ini membuat belum ada wakil Asia yang mampu mengalahkan tim dari Amerika Latin.

Beberapa negara unggulan, seperti Argentina, Belanda, dan Brazil, sesuai prediksi menang mudah melawan lawan-lawan mereka. Argentina menang 3-1 melawan Meksiko, walaupun sempat ada kontroversi. Belanda juga menang 2-1 melawan Slovakia. Dan juara World Cup 1998, Brazil, juga menang 3-0 melawan Chilie. Spanyol juga menang tipis 1-0 melawan Portugal. Sedangkan Amerika Serikat harus merelakan 1 tempat di babak perempat final ditempati Ghana.

Babak 16 besar ini diwarnai dengan dua kontroversi, yaitu tidak disahkannya gol Frank Lampard. Padahal jelas sekali dalam tanyangan ulang, bola melewati garis dan masuk ke gawang. Jika saja gol Lampard tidak dianulir, dan kedudukan menjadi 2-2 pada babak pertama, mungkin saja pertandingan babak kedua berjalan lebih menarik. Akhirnya Inggris harus kalah dari Jerman dengan skor 1-4.

Kontroversi kedua adalah gol pertama Argentina yang dicetak Carlos Tevez. Bola tendangan Messi yang disambut sundulan Tevez jelas sudah offside dahulu. Tevez sudah berada jauh di belakang bek terakhir Meksiko dan tinggal berhadapan dengan kiper. Wasit di tengah lapangan nampaknya ragu terhadap gol tersebut sehingga harus berkonsultasi dengan hakim garis, entah alasan apa yang dipakai hakim garis sehingga wasit tetap mensahkan gol tersebut.

Published by

nugrohodc

Loves programming and photography :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s