10 Tipe Komputer

Ada banyak istilah yang bisa dipakai untuk mendeskripsikan sebuah komputer. Sebagian besar kata-kata ini menyiratkan ukuran, penggunaan atau kemampuan komputer. Sementara istilah komputer dapat diterapkan pada hampir semua perangkat yang memiliki mikroprosesor di dalamnya, kebanyakan orang berpikir dari sebuah komputer sebagai perangkat yang menerima input dari pengguna melalui mouse atau keyboard, kemudian diproses dalam beberapa mode dan menampilkan hasilnya di layar.

Menurut Wikipedia, komputer di deskripsikan sebagai berikut :

A computer is a programmable machine that receives input, stores and manipulates data, and provides output in a useful format.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Tapi, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis / tipe komputer yang ada saat ini ?

1. PC

Courtesy Apple

Personal Computer (PC) mendefinisikan sebuah komputer yang dirancang untuk pemakaian umum oleh seorang. Sementara Mac juga merupakan PC, kebanyakan orang menghubungkan istilah PC dengan sistem yang berjalan dengan sistem operasi Windows. PC pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer karena itu merupakan komputer lengkap tapi dibangun di atas skala yang lebih kecil daripada sistem besar yang digunakan oleh kebanyakan perusahaan.

2. Desktop

© iStockphoto.com/arattansi

Sebuah PC yang tidak dirancang untuk mudah dibawa disebut komputer desktop. Yang diharapkan dari sistem desktop adalah  Anda akan mengatur komputer tersebut di lokasi yang permanen. Kebanyakan desktop menawarkan daya lebih, penyimpanan dan fleksibilitas untuk biaya kurang dari saudara-saudara portabel mereka.

3. Laptop

David Paul Morris/Getty Images

Juga sering disebut notebook, laptop adalah komputer portabel yang mengintegrasikan beberapa komponen seperti layar, keyboard, alat penunjuk atau trackball, prosesor, memori dan hard drive semua dalam satu paket yang dioperasikan memakai tenaga baterai, sedikit lebih besar dari rata-rata sebuah buku hardcover.

4. Netbook

© iStockphoto.com/nataq

Netbook adalah komputer ultra-portabel yang lebih kecil daripada laptop tradisional. Efektivitas biaya-ekstrim netbook (sekitar $ 300 sampai $ 500) berarti mereka lebih murah daripada hampir semua laptop baru yang akan Anda temukan di gerai ritel. Namun, komponen internal netbook kurang kuat daripada yang ada di laptop biasa.

5. PDA

Ted Thai/Time Life Pictures/Getty Images

Personal Digital Assistants (PDA) komputer terintegrasi yang sangat ketat dan sering menggunakan flash memory daripada hard drive untuk media penyimpanan. Komputer ini biasanya tidak memiliki keyboard, tetapi mengandalkan teknologi layar sentuh untuk masukan pengguna. PDA biasanya lebih kecil dari novel, sangat ringan dengan baterai yang wajar. Sebuah tipe yang sedikit lebih besar dan lebih berat dari PDA adalah komputer genggam.

6. Workstation

Digital Vision/Getty Images

Tipe lain dari komputer adalah workstation. Workstation hanyalah sebuah komputer desktop yang memiliki prosesor yang lebih kuat, memori tambahan dan peningkatan kemampuan untuk melakukan tugas kelompok khusus, seperti 3D Graphics atau pengembangan game.

7. Server

©iStockphoto.com/Osman Berk USTA

Sebuah komputer yang telah dioptimalkan untuk memberikan layanan kepada komputer lain melalui jaringan. Server biasanya memiliki prosesor yang kuat, banyak memori dan hard drive besar. Komputer jenis selanjutnya yang dapat mengisi seluruh ruangan.

8. Mainframe

AP Photo / Jay LaPrete

Pada hari-hari awal komputasi, mainframe adalah komputer besar yang dapat mengisi seluruh ruangan atau bahkan keseluruhan lantai! Sebagai ukuran komputer telah berkurang, sementara kekuasaan telah meningkat, istilah mainframe telah jatuh dari penggunaan yang mendukung server perusahaan. Anda masih akan mendengar istilah yang digunakan, terutama di perusahaan besar untuk menggambarkan mesin-mesin besar memproses jutaan transaksi setiap hari.

9. Supercomputer


Chung Sung-Jun / Getty Images

Jenis komputer ini biasanya berharga ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar. Meskipun beberapa superkomputer adalah sistem komputer tunggal, sebagian besar terdiri dari beberapa komputer kinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sistem tunggal. Superkomputer yang paling terkenal dibangun oleh Cray Supercomputer.

10. Wearable Computer

Junko Kimura / Getty Images

Tren terbaru dalam komputasi adalah komputer yg dpt dipakai. Pada dasarnya, aplikasi komputer yang umum (e-mail, database, multimedia, kalender / scheduler) diintegrasikan ke dalam jam tangan, ponsel, penghalang cahaya matahari dan bahkan pakaian.

Sumber : HowStuffWorks

Published by

nugrohodc

Loves programming and photography :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s