Memperingati Yogyakarta Kota Republik

“Bila Presiden lupa sejarah bangsanya, maka bangsa ini akan mundur juga.”

Gerakan politik masyarakat Yogyakarta mempertahankan keistimewaan daerahnya masih tetap berlangsung.

Kali ini puluhan organisasi berbentuk dan tidak berbentuk yang ada di masyarakat Yogyakarta akan melaksanakan Kirab Budaya dan Pengukuhan Yogyakarta Kota Republik yang akan diselenggarakan Selasa, 4 Januari 2011.

Gerakan politik yang kesekian kali dilakukan masyarakat Yogyakarta untuk melawan kebijakan pemerintah pusat yang menawar…kan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, diselenggarakan dalam rangka memperingati waktu dan peristiwa bersejarah ketika pada 4 Januari 1949, Ibukota Republik Indonesia hijrah dari Jakarta ke Yogyakarta.

Waktu itu Jakarta ditinggalkan karena keamanan dan keselamatan pemimpin negera terancam oleh penetrasi pasukan kolonialis Belanda yang tidak menerima kemerdekaan NKRI. Atas tawaran Sri Sultan HB IX, maka Presiden Soekarno, Wakil Presiden Hatta dan para menteri bersedia memindahkan ibukota menuju Yogyakarta.

Maka sejak 4 Januari hingga 27 Desember 1949 ibukota NKRI pindah ke Yogyakarta. Peristiwa ini memperlihatkan bahwa Yogyakarta sebagai daerah istimewa setingkat provinsi yang berciri kerajaan dibawah kepemimpinan Sri Sultan HB IX dan Adipati Pakualam terbukti mampu memberikan upaya penyelamatan, perlindungan, rasa aman terhadap NKRI yang baru lahir. Maka sebenarnya Yogyakarta adalah Kota Republik.

Sedang kegiatan Kirab Budaya dan Pengukuhan Yogyakarta Kota Republik ini diharapkan akan diikuti sebanyak mungkin masyarakat Yogyakarta. Dari Jum’at (31/12) Panitia Bersama Kirab Budaya dan Pengukuhan Yogyakarta Kota Republik terus dibuka hingga Senin (3/1/2011) di Sekretariat Panitia Bersama di Wisma Maharani Sawojajar No.6 Wijilan Yogyakarta.

Kirab Budaya dan Pengukuhan Yogyakarta Kota Republik akan dilakukan dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Pagelaran Kraton Yogyakarta dimulai pada pukul 14.00-17.30 WIB. Widihasto Wasana Putra, sebagai Koordinator Panitia Bersama mengatakan dipilihnya Stasiun Tugu Yogyakarta sebagai awal kirab budaya karena pada 4 Januari 1949 Soekarno datang dari Jakarta menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Tugu kemudian menuju ke Kraton Yogyakarta.

“Saat itu Soekarno menuju Kraton Yogyakarta dan Hatta ke Puro Pakualam. Saat itu Soekarno landing dari Jakarta malam hari dengan lampu kereta yang dimatikan karena takut terlihat tentara Belanda,” ujar Widhasto kepada wartawan, Kamis (30/12)

Kirab Budaya yang diharapkan diikuti seluruh elemen masyarakat Yogyakarta ini berakhir di Pagelaran Kraton Yogyakarta dan dilanjutkan Pengukuhan Yogyakarta Kota Republik oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Walikota Yogyakarta dan para Bupati di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Garin Nugroho, salah satu pendukung gerakan politik masyarakat Yogyakarta mendukung Yogyakarta tetap Istimewa mengatakan acaraKirab Budaya dan Pengukuhan Yogyakarta Kota Republik ini adalah usaha untuk membangunkan kembali Presiden SBY yang lupa sejarah bangsa Indonesia.

Bangsa yang melupakan sejarah, menurut Garin Nugroho akan mengalami kemunduran. Apalagi presidennya. Maka Presiden perlu dibangunkan agar memahami sejarah. Kirab Budaya dan Pengukuhan Yogyakarta Kota Republik ini dilakukan untuk mengatakan kepada SBY untuk tidak menjadi pengkhianat bangsa.

“Bila Presiden lupa sejarah bangsanya, maka bangsa ini akan mundur juga. Biar tidak lupa diingatkan dengan sejarah bangsa Indonesia kembali. Di jalan yang pendek itu dimunculkan kembali mengenai sejarah bangsa, jalan yang menghidupkan bangsa ini sampai saat ini,” kata Garin Nugroho yang menyebutkan jalan antara Stasiun Tugu Yogyakarta hingga ke Pagelaran Kraton Yogyakarta sebagai jalan pendek sejarah bangsa Indonesia.

Garin Nugroho juga mengatakan Kirab Budaya dan Pengukuhan Yogyakarta Kota Republik adalah kritik keras terhadap penguasa yang dengan angkuh menjalankan demokrasi baru model mereka sendiri. Pemimpin jangan menjadi pengkhianat bangsanya sendiri,” tegas Garin Nugroho. (Jogjanews.com/joe)

Published by

nugrohodc

Loves programming and photography :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s