7 Software Open Source Pengganti Software Windows Komersial

Walaupun Windows bukanlah sistem operasi yang gratis, akan tetapi sudah menjadi standar hanya karena sudah ada (preinstalled) pada komputer baru. Di masa lalu, hal ini juga berarti Anda harus mendapatkan software komersial yang sesuai, yang kadang harganya yang lumayan mahal. Untungnya, gerakan open source dan Internet mengubah permainan.

Hari ini ada banyak pilihan perangkat lunak gratis open source, dan sering cross-platform alternatif untuk perangkat lunak Windows mahal. Dalam artikel berikut ini sudah terangkum software open source
gratis yang paling penting untuk alternatif standar program Windows komersial.

LibreOffice (pengganti Microsoft Office)

LibreOffice didirikan oleh mantan pengembang OpenOffice atas kekhawatiran bahwa Oracle akan mengubahnya menjadi produk komersial. Pada bulan April tahun ini, bagaimanapun, Oracle mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan komersial dari OpenOffice dan membuatnya menjadi proyek murni berbasis komunitas [Wikipedia]. Namun demikian, LibreOffice telah menjadi alternatif bagi OpenOffice dan Microsoft Office.

Sudah seperti mitra komersial, LibreOffice dilengkapi dengan pengolah kata (Writer), sebuah program spreadsheet (Calc), alat presentasi (Impress), manajer database (Base), dan banyak lagi. LibreOffice sepenuhnya kompatibel dengan standar format file Microsoft Office tetapi pengguna harus selalu ingat untuk menyimpan atau ekspor file mereka dalam format masing-masing.

Mozilla Thunderbird (pengganti Windows Live Mail)

Mozilla Thunderbird adalah mudah untuk membuat mail client desktop yang mendukung ekstensi dan karenanya dapat melakukan banyak trik Windows Live Mail yang masih perlu belajar. Sayangnya, masih bukan merupakan alternatif bagi siapa saja yang tergantung pada sinkronisasi (Outlook) data kontak dari atau ke perangkat mobile.

Inkscape (pengganti CorelDraw & Adobe Illustrator)

Inkscape adalah editor vektor grafis yang menggunakan standar W3C format file Scalable Vector Graphics (SVG), mendukung banyak fitur SVG canggih, termasuk spidol, klon, dan alpha blending. Hal ini lebih intuitif untuk digunakan, yang membuatnya menjadi alat yang hebat untuk pemula.

GIMP (pengganti Adobe Photoshop)

GIMP, singkatan dari GNU Image Manipulation Program, adalah sebuah software editor grafis cross-platform, yang dapat berfungsi sebagai program paint yang sederhana, tetapi juga mendukung fitur-fitur canggih, seperti retouching foto, batch processing, atau konversi format gambar.

Blender (pengganti 3ds Max)

Blender adalah sebuah pembuatan konten suite 3D cross-platform yang mendukung pemodelan, animasi, rendering, mesin permainan, dan banyak lagi. Koleksi daftar film-film yang dibuat dengan program ini dapat dilihat di situsnya.

BRL-CAD (pengganti AutoCAD)

BRL-CAD adalah sebuah perangkat lunak open source pemodelan cross-platform yang mendukung pengeditan geometri interaktif, performa tinggi ray-tracing untuk rendering dan analisis geometris, alat-alat gambar dan sistem pengolahan, dan banyak lagi. Program ini telah dikembangkan selama  20 tahun lebih.

7-Zip (pengganti WinZip or WinRAR)

7-Zip adalah tool kompresi / dekompresi file yang mendukung banyak format arsip dan juga dilengkapi dengan file manager.

Anda juga dapat melihat software alternatif untuk program komersial yang lain disini. Untuk daftar lengkap dari perangkat lunak bebas dan open source dapat ditemukan di Wikipedia.

Published by

nugrohodc

Loves programming and photography :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s