Core i3-2120K: Processor Terbaru yang Siap Diluncurkan Intel

Dalam beberapa bulan mendatang, Intel akan memperluas jajaran processor Sandy Bridge dengan processor Core i3 seri K terbaru yang menargetkan pengguna yang antusias dan fitur pemrosesan dua inti, basis frekuensi 3.3GHz, dan unlocked multiplier.

Chip ini dikenal sebagai Core i3-2120K dan, setelah diluncurkan, akan menjadi processor Intel Sandy Bridge tercepat dengan dual core processing.

Tapi fitur yang paling penting adalah desain unlocked multiplier, ini berarti bahwa overclocker dapat  meningkatkan frekuensi operasi processor lebih tinggi dari spesifikasi bawaan Intel.

Di luar modifikasi ini, processor 2120K ini memiliki sebagian besar fitur-fitur yang ada pada model CPU Intel Core i3 sisanya, seperti fitur 3MB Level 3 Cache, grafis terintegrasi Intel HD 2000 , sebuah memory controller terintegrasi, dan mendukung Hyper-Threading.

Chip TDP juga tetap tidak berubah dari processor Core i3 sebelumnya, yaitu sebesar 65 W.

Sayangnya, ktia tidak tahu kapan Core i3-2120K dijadwalkan akan meluncur, tetapi menurut publikasi Xfastest, processor ini akan dijual dengan harga $150 USD.

Ketika merancang arsitektur Sandy Bridge, Intel memutuskan untuk mengambil rute yang berbeda jauh overclocking yang bersangkutan dan mengunci BCLK dari CPU.

Ini berarti bahwa overclocking tidak memungkinkan jika processor tidak datang dengan unlocked multiplier.

Saat ini, hanya ada dua CPU dari Intel yang memiliki sebuah multiplier, Core i7-2600K dan Core i5-2500K, tetapi keduanya menggunakan 4 core, sehingga Core i3-2120K akan menjadi satu-satunya chip Sandy Bridge yang datang dengan unlocked multiplier.

Pada triwulan IV tahun ini, Intel akan merilis model processor baru berdasarkan pada arsitektur Sandy Bridge-E yang akan menampilkan potensi overclocking yang lebih besar sebagai BCLK  mereka dan multiplier akan dibuka.

Published by

nugrohodc

Loves programming and photography :)

One thought on “Core i3-2120K: Processor Terbaru yang Siap Diluncurkan Intel”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s