5 Trend yang Perlu Diketahui dalam CES 2012 Mendatang

Consumer Electronics Show
Consumer Electronics Show

Seperti biasa, setiap tahun pada bulan Januari di Las Vegas, Amerika Serikat diadakan sebuah event pameran elektronik terbaik di dunia, yang bernama CES (Consumer Electronic Show). Bertempat di Las Vegas Convention Center, para peserta pameran mempertunjukkan teknologi terbaru dari produk mereka. Dan tahun 2012 ini, event tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 13 Januari 2012.

Sedikit review tahun kemarin, pameran yang diadakan tanggal 6 sampai dengan 9 Januari 2011 itu telah berhasil menarik pengunjung sebanyak 128.949 orang. Dan yang paling menarik perhatian adalah tampilnya beberapa komputer tablet -dimana Motorola Xoom berhasil memperoleh Best of Show-, telepon 4G, TV 3D, dan juga Microsoft mendemonstrasikan produknya – Windows – bisa berjalan di prosesor ARM.

Lalu bagaimana dengan trend yang akan menjadi bahan perbincangan di CES tahun ini? Mari kita simak…

OLED

OLED (Organic Light Emitting Diode) menampilkan janji warna akan lebih hidup, waktu respon lebih cepat, dan footprint perangkat yang lebih kecil bila dibandingkan dengan LCD / LED TV, tetapi teknologi ini belum bisa masuk ke dalam pasar televisi. Mungkin itu akan berubah pada CES tahun ini, sebagaimana LG mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk menunjukkan apa yang disebut OLED HDTV terbesar di dunia.

TV terbaru milik LG memiliki lebar layar 55-inci, kedalaman 0,16 inci, beratnya 16.5 pon, dan menjanjikanwaktu respon kurang dari 0,0001 milidetik (rata-rata LCD memiliki waktu respon antara 5 sampai 2 milidetik). OLED ini juga merupakan topik hangat untuk CES 2009.

Ultrabooks

Intel telah memperkenalkan konsep Ultrabooks – laptop dengan desain ramping, solid state drive, dan daya hidup baterai yang lebih lama – pada bulan Mei. Sejak itu telah terlihat beberapa jenis Ultrabooks di-launch, seperti Lenovo IdeaPad U300s, Acer Aspire S3, dan Toshiba Portege Z835.

Tapi serangan nyata dari para pesaing MacBook Air ini diharapkan ada di CES, dengan sebanyak 30 sampai 50 Ultrabooks membuat debut mereka di Las Vegas. Presiden dan CEO Intel, Paul Otellini, memberikan pidato utama di CES Selasa depan ketika ia dapat mendiskusikan prosesor inti Ivy Bridge yang akan datang, penerus miniatur untuk chip 2011 Sandy Bridge itu yang berada di jantung Ultrabooks saat ini.

Quad-Core Phones

Bersiaplah untuk smartphone super cepat yang memakai prosesor quad-core, seperti Nvidia Tegra 3dan Qualcomm Snapdragon S4.

Putaran pertama dari quad-core smartphone ini diharapkan ada dalam tiga bulan pertama tahun 2012, dan banyak pengamat teknologi berharap untuk dapat melihat perangkat ini di CES.

4K

Tidak, kita tidak sedang membicarakan tentang kilobyte, tetapi merupakan jenis resolusi layar yang telah empat kali kepadatan pixel HDTV 1080p, standar saat ini untuk pasar massal layar definisi tinggi.

LG berencana untuk memamerkan HDTV 3D 4K 84-inci dengan konektivitas Internet pada event CES. Toshiba juga bekerja pada sebuah tampilan 3D 4K, jadi mungkin kita dapat melihat lebih dari satu 4K set di Las Vegas.

Ice Cream Sandwich

Komputer tablet telah menjadi topik besar di CES sejak tahun 2010, ketika pembuat perangkat bergegas untuk keluar di depan rilis iPad milik Apple. CES 2012 diharapkan memiliki lebih sama, berkat rilis terbaru Android dari Google, Ice Cream Sandwich.

Tidak seperti 2011, dimana Motorola Xoom adalah perangkat tablet yang hanya menjalankan versi khusus Google Android (Honeycomb), ICS sudah tersedia untuk setiap produsen yang menginginkannya.

Coby Electronics pembuat rencana untuk debut empat tablet ICS di CES, dan itu taruhan yang baik pembuat tablet lainnya akan mengikuti.

 

official site: CES International | credit: PCWorld

Published by

nugrohodc

Loves programming and photography :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s