18 Fakta Menarik yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui Tentang Internet

Internet Map. Ninian Smart predicts global com...
Image via Wikipedia

Anda sudah familiar dengan Facebook? Atau Twitter? Bahkan Anda sudah mempunyai sebuah blog, seperti milik saya iniūüôā Mungkin hampir semua (belum 100%) manusia modern (iya donk, masa manusia purba :p) sering atau paling tidak pernah sekali menggunakan Internet. Menurut Wikipedia, Internet didefinisikan sebagai berikut :

Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Mungkin Anda juga pernah mendengar nama Tim Berners-Lee. Yaps, beliau lah yang telah menciptakan Internet. Tapi yang akan ditulis disini bukanlah sejarah mengenai Internet, atau siapakah Tim Berners-Lee itu. Akan tetapi, beberapa fakta menarik yang mungkin belum pernah Anda ketahui mengenai Internet.

  1. Kita kembali ke tahun 1960, jauh sebelum Facebook dan Twitter ada, bahkan belum dikembangkan. Teknologi di balik internet pertama kali ada di MIT. Pesan pertama kali yang pernah dikirimkan adalah LOG. Kenapa LOG ? Pengguna telah berusaha menulis kata LOGIN, akan tetapi kemudian semua jaringan menjadi crash setelah me-load beban data besar dari huruf G.
  2. Internet berawal dari sebuah halaman awal di alamat http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html, yang berisi informasi tentang proyek baru “WorldWideWeb”, dan bagaimana Anda juga bisa membuat halaman hypertext yang dipenuhi hyperlink. Sayangnya, halaman aslinya tidak pernah disimpanūüė¶ , tetapi Anda dapat melihatnya setelah 2 tahun revisi disini.

    First browser
    © Makeuseof.com
  3. Emoticon pertama biasanya dikreditkan kepada Kevin Mackenzie pada tahun 1979, namun yang agak sederhana -) dan tidak benar-benar terlihat seperti wajah. 3 tahun kemudian,ūüôā diusulkan oleh Scott Fahlman dan telah menjadi kebiasaan.
  4. Apakah Anda tahu – orang Jepang juga menggunakan emoticon, tapi bukannya di samping, dan terlihat lebih manis!

    ~~~„Éĺ(Ôľĺ‚ąáÔľĺ)

  5. Webcam pertama kali digunakan di laboratorium komputer Universitas Cambridge tujuan utama pada saat itu untuk memantau alat pembuat kopi dengan demikian dapat menghindari kopi terbuang sia-sia ke cangkir yang kosong.
  6. Meskipun standar MP3 baru diciptakan pada tahun 1991, tetapi tidak sampai tahun 1998 Napster, layanan filesharing musik pertama diperkenalkan dan mengubah cara Internet digunakan selamanya.
  7. Sejak kelahiran Internet, file sharing merupakan masalah bagi otoritas yang mengaturnya. Pada tahun 1989, Universitas McGill menutup situs pengindeksan FTP mereka setelah mereka menemukan bahwa situs pengindeksan FTP bertanggung jawab atas setengah dari lalu lintas Internet dari Amerika ke Kanada. Untungnya, sejumlah situs pengindeksan file yang sama telah dibuat.
  8. Bahkan saat ini 50% trafik upstream Internet didominasi oleh lalu lintas file sharing dengan torrent. Namun, proporsi yang lebih besar datang dari bandwidth download yang diambil oleh layanan streaming media seperti Netflix.
  9. Google memperkirakan¬†bahwa kapasitas Internet¬†saat ini mengandung¬†sekitar 5 juta¬†terabyte data¬†(1TB¬†=1.000 GB),¬†dan klaim¬†itu hanya¬†sebuah¬†0,04%¬†diindeks¬†tidak seberapa¬†dari itu semua!¬†Anda bisa “menyimpan”¬†Internet¬†hanya pada¬†200 juta¬†Blu-Ray¬†disk.
  10. Berbicara¬†tentang¬†pencarian¬†–¬†Satu dari¬†TIGA¬†dari semua pencarian¬†di¬†internet¬†khusus untuk¬†pornografi.¬†Diperkirakan bahwa¬†80% dari¬†semua gambar¬†di Internet¬†merupakan¬†perempuan¬†telanjang.
  11. Menurut legenda, Amazon menjadi situs belanja nomor satu, karena ditemukan sebelum penemuan raksasa pencarian Google, Yahoo akan daftar situs dalam direktori abjad mereka!
  12. Iklan banner¬†yang¬†pertama ¬†menginvasi¬†Internet¬†pada tahun 1994,¬†dan itu¬†sama buruknya¬†seperti hari ini.¬†Iklan itu¬†bagian dari AT¬†&¬†Ts¬† kampanye¬†“you will”,¬†dan ditempatkan¬†pada homepage¬†HotWired.
  13. Dari 247 MILIAR pesan email dikirim setiap hari, 81% adalah murni spam.
  14. Email spam yang pertama dikirim pada tahun 1978, ketika DEC merilis sebuah komputer dan sistem operasi  baru, dan marketeer inovatif DEC memutuskan untuk mengirim email massal untuk 600 pengguna dan administrator dari ARPANET (yang merupakan cikal bakal Internet).
  15. Jadi dari mana kata spam berasal? Salah satu legenda perkotaan jejak kembali ke Multi User Dungeons tahun 1980-an РPermainan petualangan multiplayer primitif dimana pemain dieksplorasi dan dilakukan tindakan menggunakan teks saja. Salah satu pengguna baru dirasakan masyarakat MUD dan pengalaman terutama membosankan, dan diprogram makro keyboard untuk mengetik kata-kata SPAM SPAM SPAM SPAM SPAM berulang-ulang setiap beberapa detik.
  16. Dua puluh¬†jam video¬†dari seluruh dunia¬†di-upload ke¬†YouTube setiap¬†menit.¬†Video Youtube yang¬†pertama kali¬†diupload¬†pada tanggal 23 April¬†2005, oleh¬†Jawed¬†Karim¬†(salah satu¬†pendiri¬†situs)¬†dengan durasi¬†18¬†detik,¬†berjudul¬†“Me¬†at the zoo”.¬†Hal itu¬†cukup membosankan,¬†sama¬†seperti¬†99% dari¬†konten di¬†YouTube saat ini.
  17. Terorisme internet merupakan ancaman nyata. Pada bulan Februari 2008, 5 kabel laut yang menyediakan konektivitas Internet ke Timur Tengah dipotong. Anehnya, AS-menduduki Irak dan Israel tidak terpengaruh.
  18. Bentuk yang paling¬†umum dari¬†“terorisme¬†cyber”¬†adalah¬†DDoS, atau serangan¬†Distributed Denial of Service,¬†dimana¬†ratusan bahkan¬†ribuan¬†sistem di seluruh¬†dunia¬†secara bersamaan¬†dan berulang kali¬†tersambung ke situs Web¬†atau jaringan¬†dalam rangka¬†untuk mengikat¬†sumber daya server, bahkan bisa membuat sistem offline.

Sumber : Makeuseof

~~~„Éĺ(Ôľĺ‚ąáÔľĺ)

Published by

nugrohodc

Loves programming and photography :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s