email

3 Tips agar Aman Menggunakan Email

emailTidak setiap email scam mudah dideteksi seperti contohnya “Anda baru saja memenangkan uang sejumlah miliar dollar!”. Terkadang email scam atau serangan via email terlihat seperti pesan yang “aman” atau “sah”. Berikut ini beberapa tips agar tetap aman saat membaca pesan dalam kotak masuk email Anda.

1. Be aware: Sangatlah penting untuk memahami bahwa sangat mudah bagi seseorang untuk membuat pesan yang terlihat “aman” dan “meyakinkan” — contohnya, sebuah pesan yang mengatakan berasal dari bank Anda atau seseorang yang Anda kenal. Jika Anda ingin tetap aman, untuk melihat jika pesan yang sedang Anda baca mungkin bohong, lalu selalu ikuti dua langkah berikutnya.

2. Be smart: Jika sebuah permintaan email yang Anda harus mengirimkan informasi rahasia, seperti password atau nomor pin dll, kemungkinan besar itu adalah email scam dan ada seorang scammer di balik email itu. Tandai pesan itu sebagai “junk” dan hapuslah. Jika ada file yang disertakan dan Anda tidak yakin, jangan sekali-kali buka file tersebut.

3. Be cautious: Jika terdapat link dalam sebuah email, ambil beberapa langkah ekstra berikut sebelum Anda meng-klik link tersebut.

  • Letakkan kursor mouse anda di atas link dan lihat di bawah kiri browser window Anda. Terkadang pemasar email menggunakan link yang terlihat lucu untuk mendapatkan nomor klik. Tapi lain waktu, itu sangat jelas bahwa URL tersebut bukanlah seperti apa yang Anda pikirkan. Jika Anda mengharapkan untuk pergi ke website bank Anda, namun URL dimulai dengan http://www.kittensaresocute.com, maka Anda akan segera tahu untuk tidak mengklik link tersebut. Ini mungkin tidak selalu terlihat nyata, karena scammers semakin lihai setiap saat, namun beberapa tidak mengharapkan Anda untuk memeriksa. Anda bahkan dapat melihat lebih dekat untuk melihat apakah ada sesuatu yang salah dieja, seperti http://www.paypall.com (dengan dua L bukan satu), tanda lain dari scam.
  • Jika Anda tidak dapat melihat URL nya ketika Anda meletakkan kursor mouse di atas link, Anda dapat meng-copy dan mem-paste link tersebut ke sebuah dokumen word-processing. Klik-kanan pada link yang di-paste kemudian pilih “Edit Hyperlink” dari menu yang muncul. Pilih “Edit Hyperlink” akan membuka pop-up windows pada Word yang menampilkan pada kolom “Address” alamat web yang sebenarnya.
  • Meng-klik link bisa berbahaya, tetapi jika Anda menemukan bahwa Anda telah mengklik link tersebut, periksa kembali nama situs seperti yang ditunjukkan dalam bar lokasi browser dan berhati-hati jika nama situs yang ditampilkan adalah alamat IP (misalnya “192.168.25.75”), bukan nama domain (misalnya “www.example.com”), dalam kasus pertama itu sangat mungkin situs tersebut tidak sah. Sekali lagi, jika ada sesuatu yang salah eja dalam URL (menggunakan contoh http://www.paypall.com, di mana Paypal dieja dengan dua L), jangan masukkan informasi pribadi di situs.
  • Pada titik ini, Anda juga bisa memeriksa verifikasi sertifikat situs web. Periksa ikon “kunci” pada status bar yang menunjukkan bahwa Anda berada di sebuah situs aman. Juga memeriksa bahwa URL dimulai dengan “https” pada bar lokasi ketika melakukan transaksi secara online.
  • Jika Anda klik pada link dan memiliki masalah apapun, tutup jendela browser. Anda selalu dapat mengambil langkah ekstra untuk pergi ke sebuah situs web secara langsung (misalnya: ketik URL bank Anda) atau menelepon bisnis untuk mengkonfirmasi jika sesuatu datang dari mereka. Jika email memiliki informasi yang sah – seperti waspada penipuan – itu juga harus di situs perusahaan.

via [ Mozilla.org Blog ]

Published by

nugrohodc

Loves programming and photography :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s