Logo Tizen (c) https://www.tizen.org/

Tizen: Mobile OS buatan Samsung

Logo Tizen (c) https://www.tizen.org/
Logo Tizen (c) https://www.tizen.org/

Tizen? Apakah itu?

Oke kali ini kita akan membahas mengenai sistem operasi untuk ponsel buatan Samsung.

Apa itu Tizen?
Salah satu contoh tampilan OS Tizen (c) Wikipedia
Salah satu contoh tampilan OS Tizen v2.2 beta (c) Wikipedia

Dikutip dari website resminya, Tizen merupakan platform perangkat lunak berbasis standar dan open source -tentunya- yang didukung oleh operator seluler terkemuka, produsen perangkat, dan pemasok silikon untuk beberapa kategori perangkat seperti ponsel pintar, tablet, netbook, perangkat infotaimen di dalam kendaraan, dan TV pintar. Tizen menawarkan sistem operasi dan aplikasi yang inovatif, serta pengalaman pengguna yang dapat diambil dari satu perangkat ke perangkat yang lain.

Proyek Tizen ini merupakan proyek Linux Foundation dan diatur oleh Technical Steering Group (TSG) yang beranggotakan Samsung dan Intel. Tizen Association kemudian dibentuk untuk memandu peran industri dari Tizen, beranggotakan perusahaan industri seluler, OEM, dan komputer di dunia, seperti Fujitsu, Huawei, Intel Corporation, KT, NEC CASIO Mobile Communications, NTT DOCOMO, Orange, Panasonic Mobile Communications, Samsung, SK Telecom, Sprint and Vodafone.

Sistem operasi ini berbasis linux dan dirilis pertama kali tanggal 5 Januari 2012. Versi rilis stabil yang terbaru yaitu versi 2.2.1 yang dirilis tanggal 9 November 2013. Platform yang didukung ARM dan x86. Didukung oleh bahasa pemrograman HTML5, C, dan C++, dan berlisensi GPLv2, LGPL, Apache License, BSD, serta Flora License maka diharapkan para developer bisa mengembangkan aplikasi di sistem operasi ini.

Ponsel ber-OS Tizen?

Sampai saat ini belum ada satupun ponsel yang menggunakan sistem operasi Tizen. Kemungkinan baru akan dirilis tahun depan, bersamaan dengan dirilisnya Tizen versi 3.0. Tunggu saja…

Untuk saat ini yang sudah memakai sistem operasi Tizen baru kamera buatan Samsung, bukan sebuah ponsel.

(c) Engadget
(c) Engadget

Diumumkan bulan lalu, kamera Samsung NX300M merupakan kamera mirrorless dari seri NX300 milik Samsung yang terbaru. Dengan layar sentuh AMOLED 3.31 inci yang dapat diputar 180 derajat. Sensor APS-C 20.3 megapixel dengan dual-channel Wi-Fi SmartShare dan dukungan NFC. Serta, yang pasti menggunakan sistem operasi Tizen.

Apakah sistem operasi besutan Samsung ini bakalan menjadi Android Killer? Kita tunggu saja…

Lebih Lanjut

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Tizen, silakan buka situs ini, ini (untuk developer aplikasi), dan ini (untuk developer platform)

Sumber: Google, Wikipedia, GigaOm, T3, LinuxGizMos, Tizen

Published by

nugrohodc

Loves programming and photography :)

One thought on “Tizen: Mobile OS buatan Samsung”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s